Minggu, 28 Agustus 2016

Setrika Uap , Cepet Halus , Nyetrika jadi Enteng.

Halloha semuanya, hari ini saya mau cerita tentang perjalanan mencari setrika baru. Sejujurnya menyetrika itu pekerjaan paling momok buat saya, selain panas juga bikin punggung pegel karena masih menyetika dilantai. Selama ini Misua ga pernah komplain klo bajunya disetrika atau ga. Dy nyantai aja kemana-mana pakai baju kusut, yah namanya juga laki-laki jadi cuek aja. Tapi malah saya yang malu klo sampai misua pake baju kusut apalagi waktu kekantor. Dirumah saya sebenarnya sudah punya setrika biasa merk maspion, miyako dan philips. Ketiga setrika itu punya masalah masing-masing seperti
1. Maspion yang kabelnya hampir copot dan berat. Umur > 10 tahun.
2. Miyako warna hijau yang plat setrikanya sudah rusak. Umur > 8 tahun.
3. Philips warna abu-abu yang bodi nya berkarat. Umur > 15 tahun.

Akhirnya ngajuin proposal pembelian setrika baru ke misua dan d accept dengan syarat. Syaratnya setrika lama dijual atau dikasih ke orang lain yang membutuhkan. Pasang iklan di facebook dan di olx sekitar 2 minggu akhirnya ada yang mau ngopeni(merawat) juga. Selama nunggu setrika laku, saya mulai survey merk dan harga setrika. Pas survey harga setrika, tiba-tiba kecantol dengan setrika uap. Harapannya sih nyetrika bisa lebih cepet dan enjoy. Setrika uap yang banyak di pasaran dan mudah dicari ada 3 merk, yaitu Kirin, Panasonic, dan Philips. Berikut adalah hasil investigasi kecil-kecilan sebelum membeli setrika uap:
1. Kirin KEI 500st
listrik: 550 watt
fungsi setrika : dry dan steam
Harga : 180.000-an
Penampakan setrika  uapKirin KEI 500st (sumber:ihttp://kirinid.squarespace.com/)

2. Panasonic NI-V100N
listrik: 350 watt
fungsi setrika : dry dan steam
Harga : 250.000-an
Penampakan setrika Panasonic NI-V100N (sumber:www.panasonic.com/id)

3. Philips GC 1418
listrik:  400 watt
fungsi setrika : normal dan uap
Harga : 300.000-an
Penampakan Philips GC 1418 (sumber: www.philips.co.id)


Hasil semedi selama 2 minggu akhirnya pilihan jatuh pada merk philips. Mungkin karena udah turun temurun pake philips dan awet akhirnya misua nyuruh beli philips saja, meski harga nya paling mahal dibanding temen-temennya. Akhirnya tanggal 23 Juni 2016 kemarin ngadopsi setrika ini di UFO electronik dengan harga Rp. 309.000,- Sebenernya beli online lewat web ufo lebih murah  10 ribu tapi karena kita kurang yakin sama webnya akhirnya pergi langsung ke tokonya deh. Di dalam box berisi, 1 setrika philips GC 1418 warna ungu (emang cuma satu warna), buku panduan, kartu garansi dan leaflet informasi produk.


Printilan setrika uap philips gc1418

Saat menggunakan mode steam/uap saya menggunakan air minum berupa RO karena air keran dirumah kotor, dari pada setrikanya berkerak/ bikin baju coklat-coklat karena endapan air tanah jadi saya pakai air minum saja. Setrika ini cepet banget panasnya, ketika ditidurkan dan menempel kain uapnya baru keluar, jadi saat posisi beridiri tidak bisa untuk menyetrika mode uap. Baju sekusut apapun jadi lebih cepet licinnya, dan halus dibandingkan setrika biasa. ya namanya aja pake uap gitu.
Hasil setrika uap philips pada baju bayi senna ga sampai 30 detik
Kalo lagi buru-buru, cukup pakai setrika mode dry aja biar cepet. Kata misua yang kemarin make juga bilang klo gosoknya cepet banget halusnya meski pakai mode tanda uap. Perawatan setrika uap ini yaitu kosongkan tangki air setelah digunakan lalu letakan dalam posisi bediri karena jika dalam posisi tidur/tapak setrika horizontal lama2 air yang tersisa bisa mengering di permukaan tapak, menjadi kerak dan bisa menyumbat lubang uap.
Jangan meletakan setrika berisi air dalam keadaan mati dengan posisi horizontal karena air akan rembes melalui lubang uap. ya iyalah,jelas-jelas setrikannya berlubang. Untuk menjaga lubang uap selalu bersih agar aliran uap lancar, setrika philips dilengkapi dengan tombol tekanan uap jadi tinggal pencet aja, kotoran yang menyumbat bisa lepas.
Sekian perjalanan saya mencari setrika dan pengalaman menggunakan setrika uap philips GC 1418, new comer home appliance di rumah ibukiku. Semoga si setrika awet terus dan saya tambah rajin menyetrikanya. Amiinn..

Apa ada teman2 yang mau berbagi ulasan tentang setrikanya? merk apa dan sudah diapakai berapa lama
Atau ada rencana mengganti setrika dalam waktu dekat?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar