Jumat, 23 Desember 2016

Ketika bayi menggigit saat disusui..

Bagiku menyusui adalah saat-saat paling romantis berdua dengan senna. Rasanya dunia cuma milik berdua. Klo sudah ngerasa kayak gitu biasanya udah langsung ketiduran aja. Hahaha.. Lupa deh sama urusan rumah, cucian baju, piring, setrika,beberes, yang penting nemenin bocah tidur dulu.. #NgelesBanget :p

Selama proses menyusui, pasti banyak banget tantangannya, ada ketika senna ga mau disusuin sambil tiduran (maunya sambil d gendong dan diayun-ayun), ada ketika di susuin maunya jumpalitan, ada juga ketika d susuin kayak mw di siksa (meronta-ronta dan nangis ga jelas, tapi semua itu ga bertahan lama. Seiring berjalannya waktu, gaya menyusu senna pun ikut berubah, tapi yang pasti masalah yang selalu ada ketika menyusu dari dia lahir sampai sekarang 17 bulan yaitu masalah mengigit PD ketika disusui. Klo sudah menggigit, woh.. rasanya.. Maknyuuoooss!! Apalagi dengan semakin bertambahnya gigi,makin merasuk ke ubun-ubun rasanya. 

Saya tidak ingin senna terbiasa mengigit puting ketika menyusu,karena jika dibiarkan bisa membuat puting saya terluka bahkan terbelah dan bernanah,selain sakitnya yang menggila. Jika dibiarkan hal itu bisa menyebabkan penurunan produksi asi. Jadi sejak senna umur 2 bulan, saya dan ayahuda mencoba untuk membuat rules buat senna ketika ia menggigit saat menyusu. Rules diadaptasi dari website breastfeeding-magazine.com.

1. Ungkapkan perasaan
Menurutku bayi itu pinter dan bisa diajak komunikasi bahkan sebelum dia lahir,untuk itu mengungkapkan ketidak nyamanan kita atas tindakan yang dilakukan bayi itu penting. Biasanya ketika senna mulai menggigit saya langsung menyampaikan ke senna bahwa hal yang dia lakukan itu bukanlah hal yang menyenangkan. Meski senna masih bayi, saya selalu percaya dia akan mengerti.

2. Lepaskan gigitan
Cara melepaskan gigitan yang biasanya saya lakukan yaitu dengan menyelipkan jari kemulutnya atau memencet hidungnya. Menurut saya cara ini ampuh banget. Klo langsung ditarik rasanya lebih sakit karena senna akan memperkuat gigitannya dan puting jadi memanjang (TIDDAAK!!).#JedotinKepala

3. Istirahat/Time Out
Setelah digigit, biasanya saya akan mengistirahatkan PD selama 10 menit. Hal itu berlaku pada kedua PD. Jadi no breastfeeding selama waktu istirahat. Biasanya setelah time out, senna sudah tidak menggigit lagi ketika menyusu.

4. Pelajari cues/kode
Meski belum bisa berbicara, bayi selalu berkomunikasi sama kita. Bayi punya cara sendiri untuk menunjukan ekspresinya, ketika dia lagi gemes,sebal,tidak nyaman dll.
Ketika salah satu hal itu terjadi,cuma nunggu waktu sebentar aja untuk ngerasain gigitan si bocah. Makanya selama menyusui, saya aware banget sama mood senna.

5. Tumbuh gigi
Tumbuh gigi adalah fase yang sangat tidak nyaman pada bayi. Setiap mau tumbuh gigi,biasanya gusi senna bengkak, rewel dan produksi air liur banyak. Saat itu pelarian senna ya pergi ke teether-nya untuk menghilangkan rasa ga nyaman pada gusi. Ada beberapa teman yang anaknya g pake teether dan ketika anaknya tumbuh gigi,anaknya jadi suka mengigit ketika menyusu. Woh,rasanya pasti ahoy banget.. :p

6. Perbaiki pelekatan
Pelekatan yang baik tidak memungkinkan bagi bayi untuk menggigit karena posisi puting berada di langit-langit mulut bayi bagian belakang. Jadi posisi mulut bayi terbuka lebar. Jika pelekatan bayi kurang bagus yang ditandai dengan bentuk mulut bayi mencucu ketika menyusu,maka kemungkinan bayi mengigit puting lebih besar dan bila tidak segera diperbaiki puting akan mudah tergigit,luka dan lecet. Setelah pertama kali senna menyusui sampai puting saya luka,bernanah dan membuat saya demam. Hal yang saya lakukan untuk menghindarinya yaitu memperbaiki pelekatan.

Yah itulah beberapa rules untuk mengatasi gigitan bayi ketika menyusui yang saya terapkan ketika senna mulai menggigit. Menurut saya rules tersebut sangat efektif untuk mengurangi frekuensi gigitan Senna. Oke,selamat mencoba ya mom and Happy breastfeeding..

Sumber: http://www.breastfeeding-magazine.com/baby-biting.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar