Selasa, 04 Oktober 2016

Kapok belanja di Alfacart!


Saya sudah kehabisan kata-kata untuk menulis pembukaan yang bagus karena saya sudah kehabisan energi ngurusin pesenan yang kacau ini. Saya tidak menyalahkan para CS alfacart, yang sudah melakukan tugas seperti jobdesc mereka. Saya merasa yang paling bertanggung jawab adalah para pemilik dan pemegang saham alfacart yang pokil, medit, peling, nyengit, kikir untuk membeli perangkat sistem informasi yang memadai dan siap pakai. Kesalahan ini sebagian karena sistem informasi yang mereka pakai belum siap dan terkesan "murahan". Langsung saja lah....

Kronologi kisah tragis belanja di Alfacart:

22 September 2016.
pospak senna sudah tinggal 4 buah, yang artinya 4 hari lagi pospak senna habis. Biasanya sebelum pospak senna habis saya udah sibuk lihat diskonan di beberapa swalayan secara online trus tertariklah dengan penawaran pospak dari pendatang baru Alfacart yang ngasih promo pospak merk Fitti ukuran M isi 56 buah dengan harga 64.500. Kemudian saya daftar dan login di alfacart, saat saya melihat keterangan lebih lanjut dari pospak fitti tersebut, ternyata pemilik barang bernama Virtualshop. Pikir saya mungkin alfacart cuma marketplace sejenis mataharimall atau tokopedia. Pas di klik profil VirtualShop ternyata keterangan nihil alias ga ada keterangan apa-apa. Ragu banget akhirnya ga melanjutkan order meski barang udah di dalam keranjang belanja.

23 September 2016.
ayahuda nanya in pospaknya sampai kapan, karena lihat stok pospak senna yang makin menipis. Trus saya buka lagi alfacart, mau cekiceki pospak merk lain. eh, pas lihat keranjang belanja, simsalabim si VirtualShop berubah nama jadi Alfacart. Saat itu masih positif thinking lah y, namanya aja online shop baru, wajarlah banyak perbaikannya. Walaw saat itu saya udah mulai ngerasa ga nyaman karena web sering error. Akhirnya saya lanjut checkout dan barang akan saya ambil langsung ditoko alfamart jalan wahid hasyim 2 dan pembayaran dengan cara Pay At Store (PAS), saya pinginnya cod tapi g bisa. Nah pas checkout ini mulai aneh lagi, nomer transaksi dan nomer order beda. Pas saya cek email, disuruh bayar dengan nomer transaksi maksimal 1x24 jam. Gile cepet banget. di bukalapak aja ga gitu banget. Saat itu status orderan tertulis Pending dan menunggu pembayaran.

24 September 2016.
Karena hari itu pingin beli almond di toko intisari jadinya sekalian searah, orderannya kita bayar di alfamart deket pasar lempuyangan. Nah di Alfamart ini yang ditanya malah email saya, bukan no transaksi dan bukan nomer order. Akhirnya saya kasih email dan no transaksi yang dikirim ke email saya aja. Transaksi sukses dan saya dapat bukti pembayaran berupa struk.
Malam saya cek Alfacart, status masih pending! WHHHAAATT!!
Trus saya telpon dan email Customer Service nya, menurut aku sih responsif banget, dan menenangkan. Udah agak ayem lah, transaksi sukses meski di web status masih pending.

26 September 2016
Udah hari ke 3 saya order barang ke alfacart, karena pospak senna sudah habis akhirnya saya ngecek lah ke Alfamart jalan Wahid Hasyim langsung. Sampe sana, jangan kan barang saya ada, orderan saya aja sama sekali ga ada di data base mereka, sampai pramuniaganya nyuruh saya lihat langsung ke monitor biar ga dikira nipu. Trus mereka nawarin bantuan untuk konfirmasi kepimpinan mereka. Udah lama nunggu, hasilnya mereka ga bisa bantu juga. Zzzzz....

27 September 2016
Saya cek status pesanan saya di alfacart lagi dan disana pesanan saya masih pending. Udah 3 hari dari tanggal pembayaran masih pending?! Akhirnya saya kirim email lagi ke CS Alfacart untuk minta refund semua uang saya, Ga lama email saya dibalas dengan meminta foto bukti transaksi. Setelah saya kirim~~And do you know jawaban mereka 


Hai Rizky Cahya

Terima kasih telah email ke Alfacart. Kami konfirmasikan bahwa tiket Anda dengan ID 201609280259 telah kami terima.

Permintaan Anda akan ditangani oleh Customer Service kami, dan kami akan melakukan yang terbaik dalam menyelesaikan permintaan Anda, mohon ditunggu dalam jangka waktu 2 hari kerja.
Sekali lagi, terima kasih telah memilih Alfacart dan semoga hari Anda menyenangkan!

Hormat kami,
Team Alfacart
............................................................ Untuk Pengiriman biasanya memakan waktu 5-7 hari kerja dari tanggal awal pengiriman, kecuali ada tambahan lain mengenai pengiriman diberitahukan di ‘fine print’ promo tersebut.. 

MAKSUD LOO.. Minta refund malah pura2 amnesia trus ganti topik dan nyuruh tunggu lagi?! *Lempar Gelas Plastik

28 September - 3 Oktober 2016
Cuma di isi dengan email-emailan yang dijawab dengan template yang sama.

4 Oktober 2016
Jam 10.49 ada SMS masuk ke hp yang bilang klo ada paket di pos satpam dan harus di ambil. Saat itu saya bener-bener bingung, itu paket dari siapa? Soalnya semua belanjaan saya sekarang saya kirim ke kantor ayahuda bukan alamat rumah. Pas dicek ternyata paket dari Alfacart dan ukurannya itu gede banget, ga bisa saya bawa langsung karena sambil gendong senna juga. Paket ini bisa dibilang aneh, karena saya menuliskan alamat pengambilan di alfamart wahid hasyim 2 bukan alamat rumah saya. Akhirnya paket diambil sama ayahuda malam harinya setelah pulang kerja.  Ayahuda udah langsung komen, apa karena kita rajin komplen ya jadi barang langsung dikirim kerumah ga ambil ditoko. Pas buka bungkus luar kita lihat di dus Fitti ada tulisan ukuran M56x3. WOoooww.. Apakah ini tanda maaf dari alfacart karena sudah mengecewakan kita selama ini dan akhirnya mereka ngasih kita bonus 2 pospak isi 56. Pas buka kardus. Dasar gulai kambing!! Nama orderannya salah!!


Alamat di pojok kiri paket kemana~~ Salah Alamat
Alamat di tengah paket kemana~~  Alamat Palsu

Ini baru alamat yang bener!Invoice di dalam dus yang ternyata bukan invoice saya.. Cape deh..


Habis itu saya dan ayahuda cuma hela napas panjang~~~~~~~~~
Dan ayahuda pun ngomong "Aku MALES berurusan dengan Alfacart lagi"

Saya akhirnya Wa mbak Yuliastuti ,sang pemilik orderan sebenarnya, yang tertulis di invoice, ternyata orderan saya malah kekirim ke rumah dia, dan rumahnya itu ada di cengkareng. Badalah.. Saya udah bilang sama mbak yuli klo mau komplen bisa ke alfacart langsung,karena saya sudah MALAS SANGAT dengerin janji-janjinya. Trus mbaknya bilang klo nanti saya dihubungin pihak alfacart. Ga lama alfacart ngubungin dan lagi-lagi mereka mau kordinasi kepihak gudang dan saya di suruh tunggu. Pasti akan saya tunggu. *sambil ngerobek kemasan fitti


5 Oktober 2016
Sore hari saya ditelpon sama CSnya Alfacart,dia bilang klo saya harus meretur semua barang menggunakan jasa logistik dan nanti barang saya akan diganti dengan barang baru. Gila po! Saya udah nunggu lama trus harus balikin semua? Maaf ya mbak saya MALAS karena itu sangat MEREPOTKAN. Saya berusaha ngasih solusi dengan semua barang akan saya beli saja dari pada saya repot kirim-kirim lagi atau saya kasih ke Alfamart terdekat tapi kata CS nya klo saya mau beli lagi harus masukin order lagi dari awal dan barang yang saya punya tetap harus di retur. Akhirnya mereka setuju dengan ide saya untuk menyerahkan ke Alfamart Wahid Hasyim 2 (Tempat seharusnya saya mengambil paket). 
Eh, ga sampai 5 menit si CS nelpon lagi untuk bilangin klo barang ga bisa dikirim ke alfamart karena jangkauan alfacart baru melayani daerah JaBoDeTaBek. Dan yang bikin keselnya lagi, CS nya nanyain saya udah punya alamat gudang mereka apa blum. Pffttt, nie CS apa ga dikasih tau sama trainer nya klo setiap barang yang dikirim ke konsumen itu udah dikasih kertas retur ples stiker alamat mereka. Mbak CS nya memberikan kata penutup yang manis sekali "Ibu, kami meminta maaf sebesar-besarnya karena ketidak nyamanan ini".. iya mbak, saya juga yang bodoh karena percaya sama Alfacart.

Beberapa menit kemudian mbak yuliastuti wa saya, dan saya cerita in semuanya. hehehe.. Bagian saya ngamuk dan maki-maki ga saya tulis di blog ini karena bakal panjang banget dialognya ditambah mbak CS nya bolak balik minta izin nanya ke timnya. Pas asik curhat-curhatan, akhirnya mbak yuliastuti cerita klo anaknya beratnya udah 13 kg dan kayaknya pospak fitti ukuran M udah ga cukup untuk dipakai anaknya trus akhirnya muncul ide buat jual 2 pospak yang masih di tempat saya yaitu ukuran M dan L punya mbak Yuliastuti dan nanti uangnya langsung saya transfer. Soalnya mbak Yuliastuti lagi hamil besar dan HPLnya jatuh tanggal 8 Oktober ini, dia udah ga punya waktu lagi buat ngurusin Alfacart. Ya ampun Alfacart tega banget menganiaya ibu hamil dan ibu menyusui. ~_~. Dan akhirnya para konsumen yang nyelesein masalah sendiri karena kita berdua sudah kapok berurusan sama Alfacart.. Ter--La--Lu. *gaya bang roma :p 

Kronologis The End..


Alasan untuk ga belanja di alfacart
Status Pesanan tgl 4 okt masih Pending
1. Saat ini sistem Alfacart masih KACAW BANGET NGET NGET! Websitenya suka error, dan orderan yang diproses di gudang ga nyambung langsung di webnya, jadi useless.
2. Alfacart itu ga sama dengan Alfamart, klo kalian ada masalah dengan Alfacart, jangan harap kalian bisa minta tolong ke Alfamart, karena mereka ga bisa berbuat apa-apa juga.
2. Perlindungan konsumen di Alfacart itu PARAH!! Order ga jelas kemana, Uang ga bisa minta refund.
4. Kalian harus rajin meditasi dan bersabar karena estimasi yang tertulis di web itu meleset sangat, harusnya 2-3 hari, ini udah 10 hari baru sampai, dan salah pula! Di web juga pesanan saya masih dalam status pending sampai saat ini.
5. Review kekecewaan terhadap Alfacart sudah banyak saya lihat di Media Sosial, ada yang pesen 10 barang, yang dikasih cuma 2 dan sisanya dibilang salah harga. Ada yang uangnya ditahan 3 minggu saat mau refund, dan banyak cerita lainnya.

Saran untuk temen-temen yang mau belanja online:
1. Berbelanjalah di Online Shop yang terpercaya seperti Lazada/ Tokopedia/ Bukalapak / Sale Stock Indonesia / Ebay / Amazon / Shopee dll  (Saya g promo loh, cuma pernah belanja disana aja dan hasilnya memuaskan}
2. Carilah Online Shop yang berani memberikan perlindungan bagi konsumennya, seperti garansi uang kembali jika barang pesanan tidak dikirim sampai batas waktu yang ditentukan, dll 
3. Tertarik diskon besar itu wajar, tapi balik lagi ke saran nomer 1, kira-kira dari OL Shop terpercaya apa tidak,biar ga jadi kelinci percobaan sistem.
4. Klo kesabaran anda tingkat dewa, uang anda berlebih atau mendapat voucher gratis belanja, belanja lah di Alfacart.

Pengalaman saya pertama kali belanja di alfacart mengasilkan kesimpulan bahwa di balik nama besar Alfamart ga menjadi jaminan buat Alfacart merupakan online shop yang bagus juga.
Saya ga tau Alfacart kedepannya bakal beli Sistem yang lebih bagus apa ga, yang jelas saat ini sistem mereka sangat menyedihkan. Ibaratnya para pimpinan yang mengambil keputusan untuk membeli sistem alfacart ini seperti paman gober dan tuan crab, pelit dan cari yang murah dan ga berkualitas. Semoga Alfacart bisa memperbaiki diri.  

Nb:
Sebelum saya posting tentang keluhan saya ini, saya sudah mengatakan ke alfacart klo kekecewaan saya ini akan saya publish di media sosial/ surat pembaca di portal berita/ facebook/ blog pribadi saya. Dan merekapun hanya menjawab dengan permintaan maaf. "Ia tak maafin tapi ga saya lupain"

Kira-kira ada gak temans yang punya pengalaman belanja di Alfacart? Atau ada pengalaman belanja di e-commerce store lain? Yuk, ku tunggu ya ceritanya.  Klo mau curhat boleh loh.. ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar