Senin, 02 April 2018

Pengalaman Cek Kehamilan di Puskesmas Depok 3

Saat memasuki usia kehamilan 20 minggu, dengan mengumpulkan tekad yang bulat dan niat yang kuat akhirnya saya berangkat ke puskesmas untuk cek kehamilan lengkap mengikuti saran bidan langganan. Jujur ketika hamil anak kedua ini banyak hal baru yang saya dapatkan. Padahal dengan anak pertama dulu hanya berbeda 2,5 tahun. Ya.. sebenernya sih masih hafal hal-hal yang harus dilakukan tapi ternyata sekarang ada beberapa hal yang membuat berbeda. Salah satunya udah ga bisa cek dokter kandungan pakai BPJS dan ketika dapat rujukan kebidan malah jauh lokasinya dari rumah. Akhirnya dengan terpaksa harus memakai dana pribadi untuk cek kandungan di bidan dan dokter.

Saat tau pertama hamil sampai umur kehamilan 12 minggu, karena kena rubella dan cmv, saya dapat rujukan ke rumah sakit Hermina dari BPJS. Biasanya saat cek kesehatan para ibu dapat buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) yang biasanya berisi catatan riwayat kesehatan saat anak masih dalam kandungan sampai anak besar. Tapi dari Hermina ga dapat buku KIA karena saya BPJS. Haduh..
Untuk cek di Hermina, prosedurnya standar seperti jaman senna, cek tensi, timbang berat badan, trus antri dokter, USG, spik2, kasih vitamin, kelar.

Usia kandungan 16w saya mulai cek di bidan Mei jalan Kledokan. Saat pertama datang, ada sesi wawancara dulu dan itu mendetail banget. Setelah wawancara baru di timbang berat badan, cek tensi, cek kandungan dengan perabaan, cek detak jantung janin dengan dopler, cek gigi, cek payudara trus cek refleks dan bengkak kaki. Habis cek langsung dapet buku KIA. Horay !! Trus dapet saran dari bidannya buat cek lengkap di Puskesmas Depok 3.

Hari itu dari pagi sudah hujan, tapi karena jadwal KIA di Puskesmas Depok 3 cuma hari selasa jadi mau ga mau harus berangkat. Awalnya saya ke Puskesmas Tegalrejo biar gratis dan ada usg gitu, eh ternyata jadwal KIA hari Senin-Kamis. Dari pada pulang dengan tangan hampa akhirnya pergi ke Puskesmas Depok 3. Berhubung hujan jadi puskesmas agak sepi. Begitu masuk langsung ngambil nomer antrian 2 lembar di mesin nomer. Ga lama, langsung di panggil bagian pendaftaran. Bagian pendaftaran lumayan ramah, berhubung baru pertama kali, saya dikasih tau klo habis ngambil nomer harus menjepitkan salah satu kertas nomer antrian dengan kartu identitas ktp untuk pasien baru dan kartu puskesmas untuk pasien lama dengan penjepit kertas yang sudah disediakan.

Prosedur Cek Kehamilan Pertama kali di Puskesmas Depok 3:
1. Pendaftaran
2. Bayar di kasir ( 17.000 rupiah)
3. Cek Tensi
4. Timbang Berat Badan
5. Wawancara singkat dengan bidan
6. Cek detak Jantung Janin menggunakan Dopler
7. Dikasih Rujukan ke Laboraturium untuk Cek Darah Lengkap, Cek Urin Lengkap dan HBsAg. Untuk cek HBsAg bayar 42.500.
8. Nunggu hasil Lab 30 menit, trus balik ke Bidan. Konsultasi hasil Lab.
9. Antri Poli Gizi, dan penyuluhan tentang gizi seimbang.
10. Di rujuk ke Poli Gigi. Cek lubang dan karang gigi. (agak kurang ramah menurut saya)
11. Lanjut ke Poli Umum, buat membahas hasil keseluruhan dan dikasih resep bila perlu.

Selama proses cek kehamilan ini saat yang paling lama itu nunggu hasil lab. Saat datang ke puskesmas waktu menunjukan pukul 8.30 dan saya selesai cek keseluruhan jam 11.30. Puskesmas Depok 3 lebih besar dari pada Puskesmas Tegalrejo tempat saya periksa biasanya. Bangunan masih baru juga sehingga ada beberapa bagian yang masih bau cat. Pemeriksaan KIA/KB ada di sayap barat, sedangkan untuk Lab dan Poli Umum ada di sayap timur. Di sayap timur ada mini playground buat anak-anak walau isinya cuma karpet dan beberapa mainan tapi sudah lumayan lah untuk mengusir kebosanan para bocah.

Fentilasi ruangan terbilang bagus jadi tidak terlalu panas walau tidak ada kipas atau AC di ruang tunggu. Di lantai 1, Kamar mandi untuk pasien ada 3 buah dan untuk karyawan ada 1. 2 kamar mandi pasien ada di luar gedung sayap barat dan 1 kmar mandi karyawan dan 1 kamar mandi pasien di sayap timur. Kamar mandi di sayap timur lebih bersih dan lebih baru dari pada yang di sayap barat. Selain itu di kamar mandi sayap timur juga ada wastafel dan sabun cairnya. 

Pemisahan ruangan antara bagian KIA dan Umum menurut saya lumayan bagus karena para ibu hamil tidak tercampur dengan orang sakit lainnya. Sedangkan bagian tengah di isi dengan bagian pendaftaran, apotek dan poli gigi. Untuk lantai 2 ada Poli Gizi, ruang administrasi, mushola, kamar mandi dan ruang pertemuan, serta ada beberapa ruangan lain yang kemarin kurang saya perhatikan fungsinya. Di puskesmas ini juga terdapat sebuah kantin yang terpisah gedung namun masih dalam kawasan puskesmas. Kantin berada di sebelah barat.

Overall puas dengan pelayanan cek kehamilan di Puskesmas Depok 3 Sleman-Yogyakarta.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar