Kamis, 17 Oktober 2019

Belajar Reksa Dana Lewat Kursus Online? Kenapa Tidak?

Beberapa minggu yang lalu, saya sangat penasaran dengan apa itu Reksa Dana. Sebuah kata yang sudah beberapa tahun lalu pernah saya dengar, yang mendadak kembali sering mengitari layar gadget dan pikiran saya karena sering nongol di market place langganan saya (tidak perlu saya sebutkan di sini). Karena sudah tak tahan lagi dengan rasa penasaran tersebut, sayapun googling tentang apa itu Reksa Dana. Diantara pencarian saya tersebut, saya menemukan sebuah website untuk belajar apa itu Reksa Dana. Eits, ternyata bukan cuma soal Reksadana saja yang disediakan di website ini, tapi beragam ilmu ada disini! Nama website tersebut adalah www.skillacademy.com, adik dari Ruang Guru yang sudah lama terkenal sebagai tempat kursus online untuk anak sekolah.



Karena saya penasaran tentang apa itu Reksa Dana, maka saya membuka halaman tentang: Belajar Reksa Dana - Untung Besar Dengan Modal Kecil. Kelas ini diisi oleh Liyanto Sudarso, yang merupakan seorang Certified Securities Analist (CSA) dan penulis buku "Taktis Berinvestasi Reksa Dana". Mungkin kamu pernah melihat wajahnya di media massa, karena dia kadang muncul di TV sebagai nara sumber tentang investasi dan Reksa Dana.



Setelah membaca deskripsi kelas dan profil instruktur juga rating pengguna, saya pun penasaran dengan bagaimana cara beliau mengajar, apakah enak atau tidak. Eh, untungnya di kursus online Skill Academy ini juga menyediakan video demo. Mungkin untuk menjawab rasa penasaran calon pengguna seperti saya, yang ingin tau bagamana cara penyampaian materi kelas, apakah mudah dicerna atau tidak. Maka, sayapun mengakses video demo kelasnya.

Sebagai seorang awam yang belum pernah tau seperti apa cara pengajaran di Ruang Guru, saya merasa kaget dengan cara penyampaian di Skill Academy. Ternyata penyampainnya disajikan dengan tampilan yang mudah dimengerti, lengkap dengan illustrasi dan grafik pendukung yang sederhana tapi mengena, juga cara penyampaian sang instruktur yang intonasinya enak didengarkan. Dari pengalaman saya, mau sehebat dan seahli apapun seorang instruktur, kalau tidak bisa menyampaikan materi dengan baik, maka akan susah dimengerti oleh para siswanya. Kelihatan nih, Skill Academy memilih pemateri dengan sangat baik, bukan hanya berdasar keahlian saja, tapi juga cara penyampaiannya. Wajar, sebagai pelatihan online, kondisinya tidak memungkinkan terjadi tanya jawab secara langsung di kelas, jadi harus disajikan sesederhana mungkin untuk dimengerti para pengguna.

Ternyata bayarnya bukan per topik, tapi komplit seluruh materi terkait!

Menyadari saya sebagai orang awam dalam hal Reksa Dana, ada ketakutan kalau materi yang disampaikan akan dijual secara “eceran”. Sebuah hal yang keliru ternyata. Di kelas ini, semua materi diberikan dalam satu harga, tidak perlu membeli secara satuan. Dapat dilihat, di kelas Reksa Dana ini dibagi menjadi 4 topik, dengan masing masing topik berisikan beberapa sub topik untuk membantu saya belajar.



Sebagai orang awam, tentu butuh penjelasan apa dan bagaimana cara kerja atau fungsi Reksa Dana. Nah, di topik pertama dijelaskan dengan jelas tentang pola pikir tentang investasi, cara kerja Reksa Dana dan keuntungan dari Reksa Dana. Pada topik berikutnya, mulai ada penjelasan teknis tentang investasi Reksa Dana. Saya yang baru tau apa itu Fund Fact Sheet dan Prospektus merasa kebingungan memahaminya (meski videonya sudah jelas). Untungnya sebagai tempat pelatihan online, Skill Academy membolehkan kita untuk mengulang materi video yang ada sepuasnya, sampai kita paham. Tak terbayang jika saya ikut pelatihan biasa yang tentu saja memiliki keterbatasan waktu untuk bertanya sampai paham di kelas.

Disini, saya merasa apa yang dibayarkan untuk kelas di Skill Academy memang layak. Dengan materi yang beragam, penyajian yang sederhana dan mudah dipahami, hingga kemampuan mengulang materi sepuasnya sampai kita paham. Selain itu, sebagai seorang yang tinggal di kota kecil, saya tidak perlu repot repot pergi ke kota besar untuk mengikuti pelatihan tentang Reksa Dana, itupun kalau sedang ada. Di Skill Academy sih, bisa kapan saja ada, tanpa perlu menunggu lama.

2 komentar:

  1. Kalau ngomongin reksadana, aku hanya belajar manual dan zonk terus endingnya hanya rugi yang aku dapatkan. Terimakasi solusinya, aku akan coba belajar online atau mengikuti kelas Skill Academy ini :)

    BalasHapus