Kamis, 17 Oktober 2019

Kursus Online Atau Kursus Konvensional?

Seiring majunya teknologi dan jaman, saat ini bidang kursus pun ikut tersentuh oleh kemajuan teknologi. Jika sebelumnya kursus hanya ada dengan cara offline (konvensional), maka saat ini sudah ada layanan kursus online. Kursus online saat ini yang populer ada dua jenis, yaitu untuk pelajar melalui layanan Ruang Guru, dan untuk umum melalui www.skillacademy.com (meski yang masih pelajar juga boleh ikut belajar di Skill Academy, jika memang ada materi yang diminati). Kebetulan, kedua kursus online tersebut ternyata berada pada induk yang sama, cuma berbeda peruntukannya saja.



Tentu wajar jika timbul pertanyaan, bagusan mana antara pelatihan online di Skill Academy dengan pelatihan konvensional (offline)? Hal yang tentu saja tergantung dari beberapa aspek. Aspek paling utama bagi saya tentu pada cara penyampaian materi dan siapakah pemateri (instruktur) yang mengajarkannya.

Untuk cara penyampaian materi, tentu saja ada perbedaan cara oleh kursus online dan kursus konvensional. Jika pada kursus konvensional, tentu cara penyampaiannya melalui tatap muka secara langsung dengan sang instruktur. Kemudian di kelas, ada beberapa media yang dipakai, yang pada umumnya adalah media presentasi (baik berupa power point atau papan tulis) dan media praktek (peralatan sesuai topik yang dipelajari). Sedang untuk pelatihan online tentu lebih terbatas pada media presentasinya saja (video dan audio).



Nah, di Skill Academy, media presentasinya menggunakan media video beranimasi yang selain menghibur, juga dibuat sesederhana dan sejelas mungkin supaya mudah dipahami. Jangan salah, video animasi yang disampaikan bukan sekedar slide show kaku Power Point seperti pelatihan pada umumnya, tapi beneran animasi. Animasinya menarik dan informatif pula, jadi ga membosankan seperti nonton slide power point pada umumnya di kursus konvensional gitu.



Selain itu, kita juga berkesempatan untuk menguji tentang materi yang kita pelajari. Hal ini sangat menarik, karena di Skill Academy, juga menyediakan opsi untuk mendapatkan sertifikat sebagai tanda kita sudah mempelajari suatu materi. Masih bingung dengan materinya? Tenang, sebagai kursus online, Skill Academy membolehkan pengguna untuk menonton ulang video dan akses materi sepuasnya sampai paham. Kerennya lagi, semua itu sudah termasuk dalam satu harga, tanpa ada tambahan biaya apapun lagi. Jika dibandingkan dengan tempat kursus konvensional, jarang ada yang membolehkan pesertanya untuk mengulang sampai menguasai materi yang dipelajari. Memang, ada beberapa tempat yang membolehkan pesertanya untuk belajar ulang sampai paham, tapi aksesnya tentu tidak semudah dan sesederhana mengulang materi di Skill Academy. Jika di Skill Academy peserta bisa mengakses ulang seluruh materi pembelajaran dari mana saja (via gadget/laptop, tentu saja), di kursus konvensional peserta harus datang ke tempat kursus tersebut diadakan. Sudah tentu akan boros di waktu (yang tidak fleksibel seperti di Skill Academy), juga boros biaya transportasi (belum untuk beli jajan di jalan).

Kadang kita bingung, apakah kelas yang ingin kita ikuti memang sepadan dengan biaya yang kita keluarkan. Mengingat pada kursus konvensional kita belum tentu berkesempatan mencicipi suasana kelas untuk mengetahui bagaimana penyajian materinya, apakakah enak dicerna atau tidak. Nah, di Skill Academy, ada fitur demo video untuk mengetahui bagaimana cara penyajian materinya, cocok nggak dengan cara belajar kita. Belum lagi ada ulasan pengguna yang membantu kita untuk mengetahui kualitas kelas dari beragam pendapat langsung pengguna. Hal yang terasa lebih valid daripada melihat ulasan di iklan, yang bisa saja dibuat sendiri oleh pengiklan.


Kemudian salah satu fitur keren bagi saya adalah adanya kelas best seller dan kelas flash sale. Seperti layaknya saat kita ke toko buku, hal ini membantu kita mengetahui manakan kelas yang paling ramai. Baru kita pelajari kualitasnya dari ulasan pengguna dan vide demonya. Biasanya sih, apapun itu, yang best seller menandakan hal tersebut mempunyai kualitas di atas rata-rata. Jadi, membantu kita menemukan pilihan.

Dan terakhir adalah kelas flash sale. Awalnya terdengar aneh, tapi jika melihat harga yang ditawarkan pada periode flash sale, tentu sangat menarik. Kita bisa mendapatkan sebuah kelas dengan harga di bawah harga normal. Saya sendiri sudah mengincar beberapa kelas, berharap suatu saat masuk daftar flash sale hehe….

Yuk, daripada capek dan bingung cari tempat kursus, mending ke Skill Academya saja. Kualitas terjaga (karena seleksi instrukturnya ketat), murah, fitur komplit dan tentu saja, fleksibilitas yang tinggi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar